Home Pengetahuan Dasar WooCommerce VS Lapak Instant

WooCommerce VS Lapak Instant

4

Mana yang lebih baik? Pilih yang menurut Anda lebih baik saja. Sedikit menjelaskan WooCommerce dan Lapak instant, keduanya adalah aplikasi untuk membuat website toko online Anda.

 

WooComerce adalah plugin WordPress yang sangat populer, plugin ini menyulap WordPress menjadi platform e-commerce yang handal. Plugin ini memiliki kemampuan dan banyak fitur yang keren. sedangkan lapak instan adalah plugin bawaan dari suatu vendor yang menawarkan tema dan template instant yang bisa Anda gunakan tanpa direpotkan untuk mengoptimasikannya.

 

Begini Demo Plugin WordPress Bandros.co.id

 

Berikut kelebihan dan kekuarangan dari WooCommerce dan Lapak Instant yang bisa Anda pertimbangkan,

Bantuan Resmi

Salah satu Keuntungan menggunakan lapak instan, yakni:  ada bantuan resmi dari lapak instan, karena pada dasarnya lapak instan berbayar. Ingat, bukan bantuan dari Bandros tapi vendor yang menyediakan lapak instant tersebut.

Sementara WooCommerce tidak ada bantuan, untuk mendapatkan bantuan paling dengan menggunakan Google.

 

Upload Produk Otomatis

Jika Anda menggunakan Lapak instant, upload produk-nya tentu harus berkali-kali, karena importer produk di Bandros pada dasarnya dipisahkan menurut brand masing-masing. Adapun bentuk file importernya adalah CSV. Jika download langsung dari Add Ons, harga bisa langsung diatur atau diubah sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga menggunakan persentasi ataupun nominal tetap. Jadi intinya Anda harus membeli dengan Add Ons untuk masing-masing brand. Harga rata-rata importer per brand. Bandros memiliki 11 Brand yang bisa di-import.

Jika Anda menggunakan Woocommerce, Anda tinggal install Add Ons WooCommerce (25 Poin) tanpa harus download satu persatu importer seperti di Lapak Instan.

 

Tampilan / Tema / Themes

Tampilan untuk lapak instan hanya didukung oleh lapak instan saja. tidak bisa custom, dan tidak sebanyak WooCommerce. Sedangkan untuk WooCommerce, banyak sekali pilihan tema yang berbayar sehingga menampilkan website yang lebih profesional.

 

Cek Stok Online

Cek stok di Lapak instant, Anda harus membeli lagi Add Ons cek stok (woocommerce plugin).

Cek stok di  WooCommerce, Anda juga harus beli Add Ons woocommerce plugin dan cek stok selesai.

Karena masih ada beberapa penyesuaian, cekstok online di masing-masing web baik yang menggunakan WooCommerce maupun lapak instant bisa saja tidak muncul.

Hal tersebut terjadi karena CSS atau JS yang bentrok. Untuk meminimalisasinya, cukup gunakan tema yang sudah teruji dengan cek stok Bandros seperti flatsome.

 

Kelemahan WooCommerce

Karena tidak ada dukungan (alias gratis), jadi Anda harus edit sendiri setiap kali ada masalah,  seperti cek stok tidak muncul, dan lain-lain.

Nah, demikian yang bisa kami sampaikan. Semoga informasinya membantu Anda membuat website toko online.

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Deskripsi Produk Full Excel CSV

Plugin Widget Info Stok Khusus WooCommerce

Bandros Luncurkan Fitur Instagram Connect

4 COMMENTS

  1. Sepertinya tampilan lapak Instan bagus juga, tapi sayang adminnya sangat lambat merespon bahkan tidak di jawab. Untuk bertanya-tanya aja susah, bagaimana nanti kalau butuh bantuan.. sayang sih tampilan bagus tapi adminnya kurang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here