Home Tips Fashion Panduan Memilih Baju Koko yang Tepat

Panduan Memilih Baju Koko yang Tepat

0
SHARE

Memilih baju koko pun ada panduannya agar penampilan Anda terlihat pantas dan tepat. Pilih Berikut ini adalah panduan memilih baju koko yang tepat.

 

Di Indonesia, baju koko menjadi salah satu baju yang wajib dimiliki pria, fungsinya dikenakan untuk beberapa aktivitas ibadah  dan event keislaman, seperti Hari Raya Lebaran, bahkan baju koko tidak jarang dikenakan untuk acara formal menghadiri pernikahan.

Pillih baju koko yang tepat untuk dikenakan dan sesuai dengan beberapa event yang harus Anda hadiri. Berikut panduannya:

Panduan Memilih Baju Koko yang Tepat

Perhatikan Ukuran

Perhatian terhadapa ukuran sudah sangat penting. Pilih ukuran yang pas di tubuh Anda, ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil di tubuh akan memberi kesan tidak mengesankan pada penampilan Anda. Terlebih jika Anda mencari baju muslim pria secara online, Anda harus tahu betul ukuran apa yang pas dengan tubuh.

Standar ukuran dalam panduan memilih baju koko agar tepat

 

Pilih Bahan yang Nyaman

Pilih bahan yang nyaman di badan seperti bahan katun. Bahan baju koko juga bisa memenuhi standar kebutuhan acara yang akan digunakan. Standar bahan ikut menunjang kualitas baju koko itu sendiri namun yang paling penting adalah Anda memilih baju koko berbahan yang nyaman dikenakan di badan.

Baca : Kenali Jenis-jenis Kain Katun di Pasaran

Motif/ Bordir ; Detail atau Simple

Pilih berbodir atau bermotif dengan format detail atau simple. Anda bisa menentukannya sesuai dengan acara, jika baju koko untuk digunakan sebagai baju beribadah maka pilih bordir / motif yang sederhana saja agar tidak mencolok. Sedangkan baju koko dengan motif/ bordir detail sangat cocok untuk acara semi formal sampai dengan formal seperti acara menghadiri pernikahan dan acara hari raya.

 

Perhatikan  Warna Sesuai Kebutuhan

Seperti yang diulas di atas bahwa baju koko yang digunakan untuk aktivitas beribadah dianjurkan berwarna putih karena cenderung tidak mencolok atau menarik perhatian sehingga secara tidak langsung tidak mengganggu perhatian / fokus orang lain untuk beribadah juga.  Sebaliknya, Anda bisa menggunakan warna lain bahkan warna lain untuk acara semi sampai dengan formal.

 

Pilih Model dan Jenisnya dalam Memilih Baju Koko

Busana muslim pria saat ini beragam. Tidak hanya baju koko, Anda juga bisa memilih beberapa model lainnya untuk menunjang penampilan religius Anda. Model busana muslim pria di antaranya:

Model Baju Muslim Pria

Baju Koko – Model Baju Muslim Pria

Busana muslim yang satu ini memiliki ciri potongan kemeja dengan kerah berdiri serta kancing depan. Baju koko merupakan produk asimilasi budaya tiongkok dan betawi, konon pada masa dahulu orang betawi menyebutnya Tikim padahal asal katanya Thui-Kim. yakni baju yang biasa digunakan orang Cina yang pada awalnya baju Thui-kim ini dikenakan oleh para ‘Engkoh-Engkoh’ (Kakak laki-laki red.) kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Koko.

Selain Koko, baju ini juga disebut sebagai baju takwa.  Sebutan ini dipopulerkan oleh Sunan Kalijaga yang saat itu memodifikasi baju Surjan, pakaian adat Jawa yang digunakan untuk acara ritual adat yang berwarna coklat bergaris-garis vertikal, kemudian disebut sebagai baju takwa sebagai atribut pakaian yang dikenakan Sunan Kalijaga. Baju surjan biasanya berlengan pendek, sedangkan oleh Sunan Kalijaga baju tersebut dijadikan lengan panjang.

Tak ayal baju takwa/ Koko ini identik dengan pakaian untuk beribadah atau dikenakan saat perayaan keagamaan Islam.

 

Kurtal- Model Baju Muslim Pria

Baju Kurtal merupakan pakaian adat berasal dari beberapa Negara Asia Timur seperti India, Pakistan, Afganistan dan Bangladesh. Kurtal memiliki ciri selayaknya Tunik, yakni baju dengan panjang selutut atau di atasnya tanpa kerah.

Saat ini Kurtal juga menjadi sangat populer di kalangan pria muslim sebagai opsi fashion muslim. Anda bisa memilih baju kurtal untuk koleksi baju muslim.

 

Gamis – Model Baju Muslim Pria

Tidak hanya wanita pria muslim juga memiliki gamis yang diadaptasi dari pakaian adat Saudi Arabia. Umumnya gamis untuk muslim pria berwarna putih polos dan berkerah berdiri namun  dalam perkembangannya fashion gamis ini berkembang menjadi ragam model dan warna.

 

Sherwani – Model Baju Muslim Pria

Lain lagi dengan Sherwani, yakni pakaian adat yang digunakan aristokrat muslim di belahan India dan Pakistan. Sherwani adalah pakaian muslim India yang biasa dikenakan oleh sultan atau raja dan bangsawan yang melambangkan tentang status sosial dan kemewahan. Sherwani memiliki karakter dengan model line A dengan panjang di bawah lutut dengan motif detail yang sangat mewah. Pakaian muslim pria ini akan sangat cocok untuk dikenakan untuk acara formal seperti pesta dan acara pernikahan.

Demikian panduan memilih baju koko dan mengetahui jenis model baju muslim untuk pria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here