Home Bisnis Bisnis Online Cara Membuat Website Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online

4

Cara membuat website toko online untuk pemula.

 

 

Disebut umum karena pada dasarnya memang sesuai dengan standar umum dimana semua orang melakukannya dalam membuat website toko online. Berikuti ini semacam informasi secara garis besar untuk pemula yang hendak membuat website toko online.

 Ada 2 cara umum dalam membuat website toko online

  1. Cara manual
  2. Cara instant

Sebelum menentukan salah satunya,  hal paling penting dari keduanya, yakni menyiapkan domain dan hosting.
Domain adalah  alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website. Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat. Contoh : bandros.co.id

Hosting adalah tempat kita meletakkan file-file pembangun web. Jika Domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah, maka hosting adalah tanahnya. Saat kita menyewa hosting, maka kita hanya diberi tanah kosong untuk kita bangun. Terserah mau di bangun apa. Tapi biasanya pihak hosting memberikan aturan terkait dengan pemakaian space hosting yang kita sewa.

 

Apakah berbayar?

Ya. Anda akan membayar untuk layanan ini, biasanya pertahun dengan kisaran beragam, ada yang 500 ribu per tahun atau beberapa vendor hosting biasanya menyebarkan promosi yang harganya jauh lebih murah, Jadi Anda sebaiknya explore lebih jauh di mesin Google untuk mendapatkannya.

2 Cara  Membuat  Website Toko Online Paling Umum

1. Membuat Website Toko Online dengan Cara Manual

Cara ini umumnya menggunakan layanan gratis, layanan platform semacam blogger.com dan wordpress.com dan lain-lain. Anda bisa memilih di salah satunya kemudian membuat blog berdasarkan nama brand Anda kemudian maintence sendiri, seperti halnya menyesuaikan thema, menempatkan lay out yang tepat dan mudah saat dikunjungi visitor dan lain-lain.

Cara ini memang cukup merepotkan, selain Anda harus tahu bagaimana maintenance setiap jengkal dari tubuh website tersebut tapi Anda tidak perlu membayarnya karena layanan tersebut gratis.

Setelah Anda selesai maintenance, Anda bisa meng-upgrade domain Anda sehingga menjadi website resmi dengan penampilan yang Anda rakit sebelumnya.

 

2. Membuat Website Toko Online dengan Cara Instant

Tidak semua orang bisa maintenance tubuh atau kerangka website toko online. rasa-rasanya itu hanya expert dilakukan oleh penggiat IT dan programer, bukan? Tapi Anda punya cara instant untuk membuat website toko online.

Dengan cara apa membuat website toko online?

Membeli jasa pembuat website

Anda bisa meenghubungi kontak layanan jasa pembuatan website, mereka adalah ahli dalam membuat website dengan optimasi  SEO dan desain semau Anda. Tentu layanan ini tidak gratis.

 

Menggunakan pembuatan website khusus toko online instant

Ada banyak vendor pembuatan website toko online, dengan cara ini Anda tidak perlu memanggil ahli pembuat web atau dipusingkan pemasangan kerangka website yang rumit tapi Anda akan diajarkan step by step membangun website di paltform mereka yang memang diformat agar mudah diikuti.

Banyak yang menyebutnya sebagai lapak instant yang terdiri dari  layanan gratis dan berbayar. Perbedaannya adalah beberapa fitur yang dibutuhkan dalam web toko online lebih lengkap dibandingkan layanan gratis. Selain itu layanan gratis akan menyematkan nama perusahaan di alamat domain Anda, sama seperti halnya dengan cara layanan gratis cara manual dimana nama alamat website toko online Anda tersemat (.) blogspot / (.) wordpress, dan keduanya tidak perlu domain dan hosting kecuali Anda kelak akan meng-upgradenya menjadi nama domain sendiri.

 

 

4 COMMENTS

  1. Kalau untuk saya sepertinya blogger juga sudah cukup karena mudah menggunakannya. susah kalau untuk membuat website toko online sendiri soalnya saya tidak berpengalaman di dunia Komputer.. tapi mungkin kalau sudah punya modal, mungkin saya bakalan minta jasa pembuatan web toko online. Terimakasih banyak ya min sudah mau berbagi 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here