Home Bisnis Bisnis Online Bikin Video Sosmed? Perhatikan 5 Tahapan Ini

Bikin Video Sosmed? Perhatikan 5 Tahapan Ini

0
SHARE

Salah satu konten yang menarik perhatian follower adalah video. Tidak jarang video menjadi viral dan berpotensial meningkatkan traffik lapak Anda.

 

Baca : Menagkan Peluang Penjualan di Bulan Ramadan 2017

Bersandar pada opini Merissa Maulia dalam situs socialmediaweek. Ada 5 trik bagaiamana membuat video sosmed yang menarik. Mari kita ulas dan ini dia tahapannya.

Baca : Rahasia Berjualan Online di Fanpage Facebook

 

5 Tahapan Membuat Video Sosmed paling Mudah

1. Bikin Konsep yang Unik

Disini dibutuhkan imajinasi dan kreatifitas Anda. Membuat video yang bagus harus dimulai dari konsep cerita dan tema yang unik, tidak pasaran dan tentu saja bermanfaat bagi follower. Pasalnya tidak semua video itu menarik bagi audience lho. Jika video Anda memilikin pesan yang baik dan menghibur, audience tidak akan ragu untuk share dan menyukainya.
Membuat konsep unik bisa diambil kebiasaan/ kejadian sehari-hari di sekeliling kita, angkat temanya dan sesuaikan dengan audience Anda dan jangan lupa untuk memiliki nilai/ value, seperti pesan moral atau point bermanfaat bagi audience.

 

2. Perhatikan Komposisi Cerita

Setelah mengkonsep cerita atau tema video, langkah selanjutnya adalah membuat story board alias komposisi cerita, artinya Anda mengurai cerita lebih detail dan membuat adegan per adegan, termasuk angel dan objek yang dibidik. urutan secara tepat seperti narasi cerita, mengurut dari opening, content dan ending.

3. Rencanakan Setiap Detiknya

Saat membuat konsep, cerita sampat story board, Anda harus bisa mengkalkulasikan waktunya sehingga durasi bisa dimanfaatkan dengan baik. Seperti yang kita tahu durasi di platform instagram dan vine tidaklah panjang, terbatas. Berbeda dengan youtube, di situ Anda bisa memaksimalkan yang Anda butuhkan. Namun audience juga akan merasa jenuh dan ogah menonton video yang terlalu panjang jika kita melihat kebutuhan social media ya, bukan streaming.

 

4. Utamakan hasil Video

Tahapan ini Anda bisamencari tahu bagaimana cara memegang smartphone dan pocket camera saat merekam objek dengan tepat dan baik, pendek kata hasil gambarnya tidak goyang. karena menghasilkan gambar pada video bukan hal yang sederhana tapi juga tidak sulit jika Anda tahu dan selalu latihan. Di sini pun Anda akan memerlukan beberapa alat pendukung seperti lighting atau pencahayaan, tripod agar merekam gambar lebih stabil dan bagus.

5. Kualitas Audio

Pilih audio yang tepat dan pas yang sesuai dengan cerita yang Anda videokan. Salah satunya pemilihan lagu backsound yang pas. Tidak sama dengan youtube,platform Instagram dan Vine justru tidak menyediakan suara tambahan untuk backsound maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan audio selama merekam namun ada opsi lain tanpa harus repot memaksimalkan suara dialog dengan cara menambahkan subtitle pada video.

Baca : Keyword Paling Dicari selama Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here