Home Member Story Bagus TWP: Jurus Banting Harga Sudah Kuno

Bagus TWP: Jurus Banting Harga Sudah Kuno

2

 

Meski terbilang newbie di bidang onlineshop, Member Bandros yang satu ini berhasil capai omset belasan juta sebagai dropshipper yang digelutinya sejak awal tahun 2016. Apa strategi bisnis onlineshop yang dimilikinya ? Yuk, simak wawancara Bandros dengan Bagus Tri Wasono Putra, peraih Top Member 10 pada periode Juni 2017.

 

Sebelumnya Lelaki 30 tahun ini  tidak pernah menduga bisa raup belasan juta perbulannya dengan usaha yang baru saja digelutinya. Petani asal Banyuwangi ini tentu saja tidak menyesali keputusannya memilih Bandros sebagai supplier usaha onlineshop sebagai langkah awal bisnis sampingan.

“Pertama kali Saya mengenal Bandros sebenarnya karena ketidaksengajaan ketika Saya browsing di google mengenai fashion bandung, dari situlah Saya menemukan website Bandros dan ketika pertama kali Saya buka dan Saya baca secara detail pada hari itu juga langsung Saya putuskan mendaftar jadi member Bandros.”

Bagaimana Bagus memulai onlineshop-nya pertama kali? Kepada Bandros dia mengungkapkan,

“Pertama kali tentu Saya bingung karna memang belum pernah jualan online, dan ternyata setelah berjalan 1 bulan baru Saya benar-benar merasakan kenikmatan dan kemudahan menjadi dropshipper bersama Bandros. Sangat luar biasa, order tinggal klik-klik aja, langsung diproses oleh tim Bandros. Informasinya detail banget, nomor resi pengiriman barang nya pun otomatis dikirim via email dan sms. Jadi nyaman deh pokoknya.”

Kebingungan  adalah hal yang umum dirasakan pemula untuk memulai usahanya tapi Bagus menekankan untuk segera membangun kepercayaan calon pembeli dengan layanan yang terbaik.

“Kesulitan di awal yang paling dirasakan adalah membangun kepercayaan calon pembeli dan membangun reputasi toko online kita. Butuh proses, butuh waktu, butuh kesabaran dan butuh kreativitas,” ungkapnya.

Kesabaran dan upayanya membuahkan hasil. Belum mencapai satu tahun Bagus mampu raup omset rata-rata 15 juta per bulannya. Bagus menerangkan bahwa pendapatannya masih belum stabil namun dia yakin dengan progress bahwa omsetnya akan mencapai ratusan juta.

“Omset per bulan memang tidak stabil, bisa naik dan bisa turun, untuk saat ini rata-rata omset  Rp 15 Juta per bulan. Target omset  selanjutnya adalaha ratusan juta tapi masih belum kesampaian. Harus sabar, yang penting terus semangat,” ujarnya buka-bukaan tentang omset.

Strategi Bisnis Onlineshop

15 juta termasuk angka yang cukup fantastis dalam sebulan. Apa strategi bisnis onlineshop ala Bagus sejauh ini?

“Jangan malu bertanya. Jangan malas menggali informasi dari berbagai sumber dan jangan mudah putus asa,” ungkapnya.

Bagus juga menekankan untuk memanfaatkan marketplace-marketplace yang tersedia, pun onlineshop-nya banyak bergeliat di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Dan Bagus memiliki cara lain untuk menghadapi competitor, menurutnya jurus banting harga dan obral murah adalah cara kuno.

“Cara menghadapi kompetitor tidak harus dengan banting harga atau obral murah, udah kuno cara yang seperti ini. Cara yang tepat menghadapi persaingan adalah dengan kreativitas dan berani tampil beda baik dari segi tampilan gambar produk ataupun copywriting, berikan informasi produk sedetail mungkin, tapi jangan dibiasakan copy paste. Dan satu lagi, selalu responsif dan ramah kepada calon pembeli,” terangnya.

Menurutnya semua menjadi sangat  mudah dilakukan  jika tidak menyerah, apalagi layanan dan fitur Bandros memudahkan usaha dropship sepertinya. Bagus menambahkan bahwa pelayanan yang sangat baik dan selalu berinovasi membuatnya sangat menjadi member Bandros.

Terakhir, Bagus menekankan bahwa salah satu kunci keberhasilan yang dirasakannya selama ini adalah keterkaitan sukses dan upaya berbagi, maka tak heran member yang satu ini sangat apresiasi terhadap fitur donasi yang dimiliki Bandros.

“Sukses itu ketika kita bisa mendapatkan uang meskipun kita sedang tidur, hehehe… Tapi satu hal yang lebih penting yaitu selalu berbagi rejeki kepada sesama alias jangan pelit.” (LAN)

 

 

 

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here