Home Tips Fashion 9 Cara Merawat Sepatu yang Tepat

9 Cara Merawat Sepatu yang Tepat

4
SHARE

“When you meet a stranger, look at his shoes. Keep your money in your shoes.”  Michael Stipe
Agar sepatumu tidak cepat buluk dan memberi kesan criminal kepada orang yang melihatnya, lakukan cara merawat sepatu yang tepat berikut ini, ya!

 

Selain fungsinya untuk melindungi jari dan kaki, sepatu menjadi item fashion yang sangat penting bagi pria dan wanita. Sepenting apa? Penting karena sepatu mampu mempresentasikan siapa diri kita yang sebenarnya.

Se-mainstream itukah? Sayangnya itu fakta. Sepatu bisa mengekspresikan kepribadian anda dengan cara yang hebat, karena orang lain dapat menilai kepribadian dan selera anda berdasarkan sepatu yang anda kenakan.

Namun yang ada yang jauh lebih penting dari selera anda mengenakan sepatu, yakni performa dan kondisi sepatu itu sendiri, apakah bersih, mengkilap atau kusam dan kotor serta rusak? Presentasi diri akan rusak jika sepatu yang anda kenakan terlaihat kusam dan kotor. Nah, selain piawai memilih sepatu, anda juga sangat wajib merawatnya agar awet. Jadi, seperti apa cara merawat sepatu yang tepat? Simak artikel ini, guys:

9 Cara Merawat Sepatu yang Tepat

1. Perhatikan jenis sepatu

 

Sebelum Anda mempersiapkan sabun, deterjen, sikat dan air untuk membersihkan sepatu, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sepatunya. Tidak semua sepatu memiliki cara yang sama saat membersihkannya. Beda bahan sepatu tentu berbeda pula cara perawatannyaa dan pembersihannya. Baca : Macam-macam Bahan Sepatu

 

2. Pakai kaus kaki

Pastikan anda memakai kaus kaki setiap mengenakan sepatu, hal ini menghindari sepatu dari keringat yang dapat mengikis sol bagian dalam sepatu. Akan tetapi berbeda hal dengan beberapa jenis sepatu yang tidak cocok dikenakan dengan kaus kaki, seperti : sepatu perempuan; high heels, flip shoes, dll.

 

 

3. Atasi bau tidak sedap pada sepatu

Anda bisa menggunakan baking soda dan taburkan di bagian dalam sepatu secara menyeluruh permukaan pada malam hari, kemudian bersihkan di pagi harinya.

 

4. Semir sepatu secara rutin

Semir sepatu minimal 1 minggu sekali. Tapi pastikan terlebih dahulu sepatu Anda sudah dibersihkan dan kering sebelum disemir. Sesuaikan sesuaikan warna semir dengan warna sepatu Anda.

 

5. Upgrade kembali warnanya

Perlu kah? Tentu saja, semakin lama maka warna sepatu anda akan memudar meski kondisi sepatu masih bagus tapi tidak dengan warna. So, anda dapat mengakalinya dengan cara refinished dan dryed pada sepatu.

6. Segera keringkan jika basah


Sebaiknya gunakan sepatu saat kering, baik sepatu anda yang kering begitu pula kaki anda . Jika terpaksa kondisinya basah maka Anda harus memberikan waktu sejenak untuk dikeringkan dan diangin-anginkan. Sepatu basah dapat merusak kualitasnya, dan krusial adalah sepatu anda menjadi tidak nyaman digunakan dan bau, uh!

 

7. Miliki beberapa pasang sepatu

Idealnya anda memiliki beberapa pasang sepatu, karna jika anda terus-menerus mengenakan sepatu yang sama itu akan mengurangi kualitas sepatu dan membuatnya cepat rusak. Selain itu, anda memiliki banyak opsi saat menghadiri bebera event berbeda. Tidak perlu memiliki banyak, anda hanya perlu tahu jenis sepatu essensial untuk disimpan di lemari Anda. Baca: Jenis Sepatu yang Wajib Pria Miliki

 

8. Hindari menjemur langsung terkena sinar matahari.

Sebenarnya tak mengapa anda menjemurnya di bawah terik matahari langsung selama anda tidak membiarkannya terjemur dalam seharian seperti ikan asin. Karena sinar matahari akan memudarkan warnanya.

 

9. Simpan di kotak sepatu dengan rapi

Setelah bersih dan kering, Anda bisa menyimpan sepatu ke dalam kotak sepatu. Jadi, kotak sepatu yang Anda dapatkan saat membelinya bukan hanya fungsinya sebagai packaging sepatu namun Anda bisa menggunakannya sebagai penyimpanan sepatu setelah membersihkannya sehingga terhindar dari debu. Namun jika tidak ada kotak sepatu, Anda bisa menyimpannya di rak dengan rapi. ***

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here