Home Member Story 8 Tips ala Fathonah Bikin Penjualanmu Juara

8 Tips ala Fathonah Bikin Penjualanmu Juara

1

Fathonah, salah satu top member meraih Juara ke-3 pada Bandros Juara Competition selama periode Bulan Juni, Juli dan Agustus 2017, berhasil meraih omset  Rp. 100.960.950. Berikut rahasianya!

Fathonah : Fitur Layanan Bandros Bikin Olshop Sukses

Selama Bandros Juara Competition  2017, peraih juara ketiga ini mengaku  beberapa hal berbeda yang gencar dilakukannya selama challenge, ketimbang yang dilakukannya selama penjualan sehari-hari.

Siap-siap, Bos. Bandros Juara Competition 2017 Dibuka

Pantau stok! Begitulah yang diupayakan fathonah selama challenge. Dia mengungkapkan secara jelas kepada Tim Bandros dalam wawancara eksklusif,

“Upload produk yang ready di Gudang Bandros dan menghapus produk yang masih sulit diketahui stok-nya (harus tanya CS).”

Kenapa?

“Rajin mengecek stok bertujuanmenghindari perihal batal order karena stok kosong,” jelasnya lagi.

Ibu rumah tangga ini mengamini setiap challenge yang diadakan Bandros, menurutnya hal tersebut menjadi tantangan dan menambah motivasi untuk menaikan omset serta hadiahnya. Sehingga Fathonah sangat bersemangat mengikuti Bandros Juara Competition 2017.

Seperti apa perasaannya?

“Bahagia, senang, dan bangga. Kebetulan Saya lagi perlu smartphone baru” imbuhnya ceria.

Apakah hanya sekedar memantau stok produk yang diupayakan?

Rupanya ada hal lain.

“Untuk berhasil di challenge ini Saya lebih gencar melakukan promosi di media sosial,” ungkapnya.

Dan lagi, Fathonah menjelaskan,

“Di Shopee, Saya buatkan voucher diskon khusus pelanggan yang sebelumnya sudah pernah berbelanja di toko Saya.

Kemudian,

“Bagi customer yang alamat pengirimannya ke alamat kantor terkadang saya selipkan katalog cetak, harapannya semoga customer puas dan promosi ke teman-teman kantornya,” tambahnya.

Cukup inovatif ya, Bobos.

Si pengguna marketplace Shopee dan Tokopedia ini juga buka-bukaan perihal iklan berbayar yang dilakukannya selama challenge.

“Iya, saya selalu menggunakan Topads di Tokopedia dan iklan berbayar di Shopee.”

Efektifkah?

“Cukup efektif tapi cuma di tanggal gajian saja, tengah bulan tetap sepi . Tapi setiap bulan saya selalu siapkan budget untuk promosi berbayar,” ujarnya tergelak melihat fenomena tersebut.

Tapi hal tersebut tidak diambil pusing karena reputasi  toko onlinenya sudah sangat membantunya berpromosi,

“70% dari Shopee karena toko Saya mendapat logo Star Seller jadi buyer bisa mendapat harga yang lebih murah dengan menukar poin Shopee.”

Tak ayal, pelanggan yang dimiliki Fathonah merupakan pelanggan individu yang membeli untuk pribadi bahkan beberapa diantaranya adalah dropshipper.

Doc.pribadi

8 Tips ala Fathonah Capai Jawara Challenge Bandros

Pertama, Perhatikan Judul Produk

Buatlah  judul produk yang menarik dan spesifik, misalnya “baju atasan kemeja pria original bahan cotton warna biru ukuran S M L XL”. Cari dan sesuaikan kata kunci yang banyak dicari pembeli,  akan lebih mudah menemukan kata kuncinya jika Kakak memposisikan diri sebagai pembeli.

Keyword Paling Dicari Selama Bulan Ramadan

 

Kedua, Deskripsi Produk yang Lengkap

Isi deskripsi produk yang lengkap. Selain detail produk bisa ditambahkan penjelasan misalnya sepatu bahan canvas itu seperti apa dan outsole berbahan rubber itu seperti apa.

Trik Menulis Deskripsi Produk yang Efektif

Ketiga, Foto Real Picture

Upayakan untuk bisa menambahkan foto real pict jika ada, jangan lupa di watermark dengan nama toko onlinemu sendiri.

Fitur Baru : Real Pic – Penyedia Foto Produk Tanpa Editing

Keempat, Pelayanan Cepat dan Tanggap

Pelayanan yang cepat akan selalu menarik perhatian pelanggan untuk bisa berbelanja lebih lanjut di toko online Anda.

5 Cara Menangani Customer Komplain

 

Kelima, Gaya Berkomunikasi

Bagi Saya, pembeli bukan raja tapi teman, ngobrol santai saja agar customer merasa nyaman. Tidak jarang, Saya selalu mendapakan buyer berbahasa sunda (Disitu kadang saya merasa sedih karena gak ngerti), tapi tenang CS Bandros siap membantu menjadi penerjemah. Intinya, gaya komunikasi kita harus familiar dengan buyer.

Jangan Katakan 4 Hal Ini pada Pelanggan

 

Keenam, Feedback

Jangan lupa selalu ingatkan pembeli untuk memfavoritkan toko kita dengan cara yang sopan.

 

Ketujuh,  Stay Updated

Lakukan pembaruan berkala. Upload produk 2-3 kali seminggu tidak perlu banyak-banyak sampai 1 brand. 3-5 produk sudah cukup yang penting stoknya aman. Terlalu banyak dalam sekali upload bisa membuat calon pembeli malah bingung.

Dengan cara seperti ini pembeli yang telah memfavoritkan toko kita akan mendapatkan update terbaru sehingga juga bisa menjadi sarana marketing.

 

Delapan, Bersyukur

Sejauh apapun kita mengusahakan tidak lupa untuk selalu mensyukuri dengan apa yang sudah kita raih. Semua usaha tidak ada yang instant, butuh waktu dan proses.

 

Nah, Bobos. Tunggu apa lagi? Kak Fathonah sudah mengajak kita untuk menjadi juara bersama. So, keep fight and good luck then!*** (lan)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here