Home Berita 3 Metode Pembayaran Paling Populer di Indonesia

3 Metode Pembayaran Paling Populer di Indonesia

1
SHARE

Fakta menarik tentang metode pembayaran paling populer yang sering dipilih Orang Indonesia. Bahkan 3 metode pembayaran ini berpotensial bisa mengembangkan bisnis online Anda. Apa saja? Yuk simak!

 

 

Jika Anda pelaku usaha/ bisnis online, Anda harus punya 3 sistem pembayaran ini untuk keberhasilan bisnis Anda.
Pasalnya Orang Indonesia cenderung memiliki cara tersendiri mengenai metode pembayaran yang sementara ini sedang populer sejalan ekosistem e-commerce Indonesia yang berkembang pesat.

Seperti yang dilansir Xendit Blog. Bahwa perkembangan e-commerce akan mempengaruhi perkembangan transaksi kartu kredit seperti yang terjadi di Amerika Serikat, India dan negara lainnya. Tapi menariknya fakta berbeda dengan pasar Indonesia, fenomena di Indonesia justru terbilang unik.

Hasil riset yang dikembangkan Xendit menyatakan bahwa metode pembayaran via kartu kredit justru tidak populer di pasar online Indonesia. Berdasarkan hasil survey Internet Service Provider Association (APJII) dan Mastell menyatakan 3 metode pembayaran paling populer digandrungi orang Indonesia. Apa saja? Simak di bawah ini:

 

3 Metode Pembayaran Paling Populer di Indonesia

 

1. Transfer Bank –  Metode Pembayaran Paling Populer

Metode Pembayaran Paling Populer Nomor 1

Metode pembayaran paling populer yang sering dilakukan orang indonesia adalah transfer uang dari account ke account lain. Sebesar 60-80 % transaksi transfer bank ini dilakukan secara offline maupun online. Disebut offline, customer rela pergi menuju ATM setelah order dalam ketentuan waktu pembayaran dalam 12 jam atau 24 jam. Secara online, tidak jarang customer melakukan bank tranfer via internet dan SMS seperti M-Banking dan Internet banking.

 

Faktanya Orang Indonesia lebih memilih pembayaran via ATM karena dirasa terpercaya dan familiar dibandingkan metode pembayaran online. Ini menunjukkan bahwa angka ‘close-order’ berpeluang gagal lebih tinggi dibandingkan metode lainnya.

Salah satu isu yang karap terjadi dengan metode pembayaran transfer bank. Source : IG @drama.olshop

 

 

2. Cash On Delivery (COD)

Metode Pembayaran Paling Populer Nomor 2

Cash On Delivery (COD) a.k.a Bayar di tempat menjadi opsi metode pembayaran kedua paling digemari Orang Indonesia yang tembus sekitar 14-20 persen. COD ini merupakan metode pembayaran secara tunai dan dilakukan saat barang yang dipesan sampai di tempat tujuan. Beberapa e-commerce masih mempertimbangkan metode ini karena bagaimana pun e-commerce harus memberi perhatian materi lebih setiap kali barang tidak sampai, redelivery akan terjadi karena kurir tidak berhasil bertemu dengan customer. Jadi, metode ini akan sangat membantu bisnis Anda jika target pasar Anda adalah Ibu Rumah tangga yang notabenenya mereka ada di rumah setiap saat dan tidak cocok jika customer yang memiliki customer dengan mobilitas tinggi.

 

3. Card Payment

Metode Pembayaran Paling Populer Nomor 3

Nah, metode pembayaran dengan kartu  menjadi nomor 3 bagi Orang Indonesia, yakni kartu kredit dan debit. Meski begitu, metode pembayaran kartu kredit ini sebenarnya meningkat pesat sebesar 60 % dalam 5 tahun ini. Survey APJII dan Marttel menyatakan bahwa kartu kredit digunakan orang Indonesia sebanyak 2,5 -6 % di tahun 2016. Umumnya orang Indonesia menggunakan Visa dan MasterCard untuk kartu kredit mereka.

Tapi menariknya kartu debit jauh lebih banyak digunakan ketimbang kartu kredit meski Bank tidak mengizinkan debit digunakan secara online. Riset menunjukkan penetrasi kartu kredit sekitar 3-5 % sedangkan debit 10-12 %. Fakta ini disebabkan karena kartu kredit memiliki sistem prosedur yang rumit dari bank yang menerbitkannya.

 

Demikian 3 Metode Pembayaran Paling Populer di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bobos.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here